Mengenal Alantim, Robot Pelindung Suporter Inggris di Piala Dunia 2018

Mengenal Alantim, Robot Pelindung Suporter Inggris di Piala Dunia 2018

Untuk menyambut helatan piala dunia 2018, selaku tuan rumah, Rusia telah mempersiapkan segala bentuk sarana dan prasarana secara matang. Berbagai terobosan pun dilakukan termasuk membuat robot. Lah apa kaitannya dengan robot? Ya melalui para ilmuwannya, Rusia baru-baru ini memperkenalkan sebuah robot bernama Alantim, yang bakal dijadikan pelindung bagi suporter Inggris nantinya bilamana hendak menyaksikan langsung timnya berlaga di piala dunia tersebut.

Robot ini memang sengaja dirancang sebagai langkah dalam mengantisipasi konflik antarsuporter, terutama diantara suporter Inggris dengan Rusia dimana keduanya acap kali terlibat cekcok. Terakhir, kedua belah pihak saling bentrok pada babak penyisihan grup Piala Eropa 2016 di Stade Velodrome, Marseille. Parahnya, UEFA (komisi sepakbola tertinggi Eropa) sempat berencana mendiskualifikasi tim dari kedua suporter yang bertikai jika kerusuhan terus/masih berlanjut.

Kericuhan suporter inggris dengan rusia di Stade Velodrome, Marseille
Foto: cnnindonesia.com

Hal itulah yang ditakuti oleh suporter Inggris. Mereka khawatir kejadian serupa terulang kembali saat datang untuk mendukung The Three Lions, mengingat piala dunia kali ini digelar di Rusia. Isu keselamatan tetap menjadi fokus utama para suporter Inggris ketika bergulirnya kompetisi tersebut. Mendengar keluhan tersebut, pihak penyelenggara kemudian berinisiatif mengambil langkah preventif dengan menurunkan bodyguard bernama Alantim. Lantas siapakah dia? Yuk kita cari tahu…

Siapakah Alantim dan bagaimana cara kerjanya?

Apa yang terbesit di pikiranmu saat ini jika kami bertanya tentang Alantim, sementara kami sempat bilang sebelumnya bahwa dia merupakan robot pelindung. Hayooo coba tebak gimana sosoknya? Pasti kamu sedang membayangkan jika sosok Alantim itu memiliki ciri dan perawakan layaknya seorang bodyguard yang sering tergambar di film-film dengan badan tinggi besar berkacamata hitam berkepala plontos dan berwajah garang, bukankah begitu? Ternyata itu salah.

Alantim adalah robot setinggi empat kaki berwarna putih yang ditugaskan untuk mengamankan para suporter piala dunia yang datang ke Rusia, khususnya suporter Inggris. Robot yang dirancang oleh ilmuwan di Moscow Technological Institute (MTI) ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih termasuk kamera pengintai sekaligus alat komunikasi berbahasa Inggris. Para ilmuwan MTI juga berpendapat jika robot tersebut dapat mendeteksi emosi manusia dan akan segera menghubungi pihak berwenang(polisi) bilamana melihat perilaku agresif yang tak bisa diatasinya sendiri sesudah melakukan ‘percakapan diplomatik’.

Pada video yang diunggah di Youtube dengan durasi satu menit 20 detik, tampak sosok Alantim dengan mengenakan syal The Three Lions beserta logo elang yang merupakan simbol sepakbola Rusia sedang berjalan mengitari kerumunan pengunjung di luar stadion dan dengan ramahnya ia berbaur bersama suporter sambil menyampaikan pesan agar mereka tidak perlu takut dan khawatir ketika berada disana.

Alantim, robot jenius dan pintar yang akan memberi pengamanan terhadap suporter Inggris di piala dunia 2018

“Saya membaca di internet bahwa banyak penggemar Inggris merasa ragu dengan keamanan di Rusia. Anda nggak usah cemas, saya yang akan berdiri mengawal Anda. Saya juga berjanji untuk menemani Anda di Moskow dan melindungi Anda dari masalah.” kata Alantim, seperti dilansir dailymail.co.uk.

Walaupun berbentuk robot, Alantim ternyata mempunyai perilaku layaknya manusia. Sang robot sering menonton pertandingan sepakbola di waktu senggangnya, bahkan tidak hanya itu dia juga mampu menganalisa taktik. Wow keren banget bukan? Lebih menakjubkannya lagi, robot tersebut bisa melihat kapan kerumunan sepakbola akan berubah menjadi nakal.

Alantim sudah cukup berpengalaman dalam melakukan pekerjaannya. Sebelum ditugaskan mengawal suporter di piala dunia 2018, dirinya sempat diketahui pernah bekerja sebagai penerjemah di Moscow Technological Institute dan menjadi pemandu di Moscow Boat Show 2015. Buset dah hebat bener nih robot ya!!!

Hanya saja kurangnya robot ini dibuat bukan karena untuk mengindikasi kecurangan bandar judi di dalam pertandingan sepakbola, tapi pada dasarnya Alantim diciptakan guna melindungi para suporter Inggris dan menjamin keselamatan mereka saat bertamu ke Rusia nantinya. Sekaligus untuk menghindari berulangnya konflik yang pernah terjadi sewaktu babak penyisihan grup piala eropa 2016 lalu dimana pendukung Rusia berjibaku dengan pendukung Inggris.

Meski tidak disebutkan ada berapa banyak robot Alantim yang bakal diturunkan di piala dunia 2018 ini, setidaknya Rusia telah mengupayakan gebrakan inovatifnya untuk memberi rasa aman kepada pengunjung yang hadir ke negara mereka. Okelah kalau begitu, kita lihat saja bagaimana Alantim bekerja nantinya…

Kesimpulan: Alantim merupakan robot jenius dan pintar yang sengaja dirancang oleh ilmuwan Rusia untuk melakukan pengamanan serta perlindungan terhadap penonton di piala dunia 2018, utamanya mencegah tindakan rasis antarsuporter Inggris dengan Rusia. Jika Alantim menemukan ketegangan disana dan tak dapat menanganinya secara diplomatis maka dirinya akan menghubungi polisi.