Mengaktifkan “Ok Google” Di Android

“Ok Google” adalah sebuah layanan aplikasi atau fitur yang disediakan oleh Google pada smartphone atau tablet via Android. Aplikasi “Ok Google” sendiri dapat mempermudah pengguna smartphone ataupun tablet untuk mencari sesutu hal hanya dengan mengucapkan perkataan (tujuan) tanpa harus menyentuh layar smartphone meski sedang dalam keadaan terkunci. Ada sejumlah kegunaan dari fitur atau aplikasi “Ok Google” seperti mencari informasi, mendengarkan musik, prediksi cuaca, mengetahui waktu dan sebagainya. Perlu diketahui, Google telah terlebih dahulu mengeluarkan aplikasi Google Allo

Wow banget bukan? Nah, jika Anda ingin memiliki aplikasi “Ok Google” pada smartphone atau tablet yang memiliki Andorid, silahkan aktifkan terlebih dahulu aplikasinya. Bagaimana caranya? Untuk itulah kami hadir memberikan informasi secara lengkap pengaktifan “Ok Google” yang dapat Anda lakukan. Mengaktifkan “Ok Google” Di Android, sebagai berikut:

a. Mengaktifkan “Ok Google”

  1. Pastikan Anda memiliki Google app versi terbaru. (Untuk mendapatkan versi terbaru, buka laman Google app di Play Store dan tap Perbarui).
  2. Buka Google app.
  3. Di kiri atas, tap Menu Menu berikutnya Setelan berikutnya Suara berikutnya Deteksi “Ok Google”.
  4. Centang kotak di samping “Dari Google app”.

Pada perangkat tertentu, Anda juga dapat mengubah beberapa setelan untuk mengaktifkan pendeteksian “Ok Google” di luar Google app:

  1. Centang kotak di samping “Dari semua layar” atau “Selalu aktif”.
  2. Ikuti petunjuk untuk memasukkan model suara Anda ke Google.
    *Catatan: Tidak semua bahasa mendukung opsi “Selalu aktif”. Jika Anda tidak dapat mengaktifkan fitur ini, berarti bahasa Anda mungkin tidak didukung.

Perlu diingat bahwa setelan “Dari semua layar” dapat mengakibatkan layanan suara lainnya yang menggunakan perintah pengaktifan atau kata cepat tidak berfungsi. Misalnya, jika Anda memiliki Samsung S6 dan mengaktifkan S-Voice untuk menggunakan perintah pengaktifan “Hi Galaxy,” perintah tersebut mungkin tidak berfungsi jika setelan “Dari semua layar” diaktifkan.

b. Setelan “Ok Google” Yang Dapat Diubah

Saat mengaktifkan “Ok Google,” ada beberapa setelan yang mungkin perlu Anda ubah bergantung pada perangkat Anda. Berikut istilah sekaligus artinya:

  • Dari semua layar: Anda dapat mengucapkan “Ok Google” dari layar mana saja pada perangkat Anda, jika layar aktif atau perangkat sedang mengisi daya. Fitur ini tidak tersedia dalam semua bahasa.
  • Selalu aktif: Anda dapat mengucapkan “Ok Google” saat layar aktif maupun tidak pada perangkat Nexus 6, Nexus 9, atau Samsung Note 4.
  • Suara tepercaya: Saat mengucapkan “Ok Google” dari layar yang terkunci dan kami dapat mengenali suara tersebut, Anda dapat meminta Google melakukan berbagai hal atau mengunjungi situs tanpa perlu membuka kunci perangkat secara manual.
  • Hasil pribadi: Melihat hasil pribadi untuk penelusuran suara Anda, meskipun perangkat terkunci.
  • Masukkan ulang model suara: Memasukkan kembali model suara Anda ke Google. Coba opsi ini jika Google tidak mengenali suara Anda saat mengucapkan “Ok Google.” Jika Anda tidak melihat setelan ini, pastikan “Dari semua layar” atau “Selalu aktif” telah aktif.
  • Hapus model suara: Menghapus model suara yang digunakan Google untuk mengenali suara Anda.

*Catatan: Setelan “Dari semua layar” mungkin mencegah layanan suara lainnya menggunakan perintah bangun atau kata cepat. Misalnya, jika Anda memiliki Samsung S6 dan mengaktifkan S-Voice untuk menggunakan perintah pengaktifan “Hi Galaxy,” perintah tersebut mungkin tidak berfungsi jika setelan “Dari semua layar” diaktifkan.

c. Persyaratan Pengaktifan “Ok Google”

Perangkat Android yang harus Anda miliki yaitu:

  • Google app versi 3.5 atau yang lebih tinggi
  • Android 4.4 atau yang lebih tinggi
  • Mengaktifkan setelan Aktivitas Suara & Audio

Nah, itulah sejumlah cara untuk Mengaktifkan “Ok Google” Di Android dari admin. Semoga bermanfaat dan berguna.

* Catatan: sumber dari support.google.com. Terima kasih…