Kandidat Peraih Nominasi Ballon d’ Or 2016

Apakah kamu tahu tentang Ballon d’Or? Hmm, bagi pecinta sepakbola mungkin sudah tidak awam lagi saat mendengar Ballon d’or. Yah tepat sekali, Ballon d’or adalah salah satu penghargaan tahunan bagi para pemain sepakbola Eropa dari FIFA. Penghargaan ini biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Menurut aturan yang ada, FIFA memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan siapa yang pantas berada di daftar final kandidat peraih penghargaan ini. Dia adalah “pemain yang dipertimbangkan atas dasar performa di lapangan dan sikap secara keseluruhan di dalam dan luar lapangan”.

Pada tahun 2015, si “kutu” Lionel Messi berhasil meraih tropi penghargaan Ballon d’or setelah menyingkirkan beberapa kandidat lain, diantaranya Cristiano Ronaldo asal Portugal yang membela klub Real Madrid dan rekan setimnya di Barcelona, Neymar Jr. Lalu siapa saja pemain yang bakalan masuk kandidat terbaik untuk nominasi Ballon d’or berikutnya tahun 2016?

th-41th-40

Hmm, ada sejumlah pemain yang berasal dari klub Liga Inggris masuk dalam kandidat terbaik peraih Ballon d’Or. Leicester City adalah salah satunya, klub Liga Inggris yang berhasil meraih titel juara Liga ditahun 2015/2016 ini menyumbangkan 2 pemainnya yakni Riyad Mahrez dan James Vardy. Yah, masuknya nama Vardy dan Mahrez menjadi kandidat peraih Ballon d’Or memang tidak disangka oleh banyak pihak. Sebab, kedua pemain ini baru saja terkenal pada musim lalu ketika berhasil membawa klub Leicester City mengangkat tropi juara Liga Inggris 2015/2016.

th-42th-43

Mahrez dan Vardy akan bersaing terhadap 28 pemain top Eropa berikutnya untuk bisa meraih Ballon d’Or 2016. Sedemikian pula, mereka berdua juga harus bersaing dengan para pemain Liga Inggris lainnya seperti Kevin de Bruyne, Dimitri Payet, Paul Pogba, Sergio Aguero, Zlatan Ibrahimovic, dan Hugo Lloris. Seluruh kandidat pemain ini berjumlah 30 dimana akan dikerucutkan menjadi 3 pemain terbaik peraih nominasi Ballon d’Or 2016.

Pengumuman resmi pemenang Ballon d’Or akan dilakukan pada tanggal 13 Desember 2016 mendatang dan berikut adalah rilisan lengkap ke-30 nominasinya:

th-39

1. Sergio Aguero (Manchester City)-(Argentina)
2. Pierre Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund)-(Gabon)
3. Gareth Bale (Real Madrid)-(Wales)
4. Gianluigi Buffon (Juventus)-(Italia)
5. Cristiano Ronaldo (Real Madrid)-(Portugal)
6. Kevin De Bruyne (Manchester City)-(Belgia)
7. Paulo Dybala (Juventus)-(Argentina)
8. Diego Godin (Atletico Madrid)-(Uruguay)
9. Antoine Griezmann (Atletico Madrid)-(Perancis)
10. Gonzalo Higuain (Juventus)-(Argentina)
11. Zlatan Ibrahimovic (Manchester United)-(Swedia)
12. Andres Iniesta (Barcelona)-(Spanyol)
13. Koke (Atletico Madrid)-(Spanyol)
14. Toni Kroos (Real Madrid)-(Jerman)
15. Robert Lewandowski (Bayern Munich)-(Polandia)
16. Hugo Lloris (Tottenham)-(Perancis)
17. Riyad Mahrez (Leicester City)-(Aljazir)
18. Lionel Messi (Barcelona)-(Argentina)
19. Luka Modric (Real Madrid)-(Kroasia)
20. Thomas Muller (Bayern Munich)-(Jerman)
21. Manuel Neuer (Bayern Munich)-(Jerman)
22. Neymar Jr (Barcelona)-(Brazil)
23. Dimitri Payet (West Ham)-(Perancis)
24. Pepe (Real Madrid)-(Portugal)
25. Paul Pogba (Manchester United)-(Perancis)
26. Rui Patricio (Sporting)-(Portugal)
27. Sergio Ramos (Real Madrid)-(Spanyol)
28. Luis Suarez (Barcelona)-(Uruguay)
29. Jamie Vardy (Leicester City)-(Inggris)
30. Arturo Vidal (Bayern Munich)-(Chili)

Sekian informasi yang dapat saya berikan mengenai kandidat terbaik peraih nominasi Ballon d’or tahun 2016. Adakah favorit kamu guys?