Beginilah Cara Memanggil Makhluk Gaib, Berani Coba? Mending Jangan Deh Bila Kamu Tak Cukup Bernyali

5 cara memanggil maupun mengundang makhluk halus, dan/atau sejenisnya

Makhluk gaib adalah sebutan untuk makhluk ciptaan Tuhan yang tak dapat dilihat secara jelas oleh indera penglihatan manusia pada umumnya, tapi juga bisa sebaliknya apabila seseorang itu memiliki indera keenam. Singkatnya, makhluk ini dapat dikatakan sebagai makhluk tak kasat mata, makhluk astral maupun makhluk halus. Lisan ataupun tulisan makhluk halus sebenarnya berasal dari bahasa Arab yang mempunyai makna; Makhluk berarti “yang diciptakan” dan Ghaib yaitu “tidak tampak”.

Nah, berbicara soal makhluk gaib apa yang terbesit dipikiranmu saat ini? Tentu kamu bakal berpikir kalau itu menakutkan sekaligus menyeramkan. Yah, untuk sebagian orang mungkin akan enggan bila melihat ataupun menyaksikan langsung kehadiran makhluk gaib. Meski demikian, masih ada juga beberapa orang lainnya yang menginginkan munculnya mereka, dengan alasan pengen membuktikan kebenaran tentang adanya makhluk itu, menguji nyali, dan bahkan ingin mempertebal keimanan akan alam gaib. Well, it all depends on yourself. I am not responsible about it, okey…

Yupz, jika kamu termasuk diantara beberapa orang yang ingin bertemu, atau melihat munculnya sejumlah makhluk gaib dihadapanmu, artikel kali ini bakal membahasnya. Dimana ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memanggil makhluk tersebut, baik itu dengan ritual, mantra, maupun nyanyian. Tapi sebelumnya, saya akan menjelaskan lebih dahulu tentang sejumlah hal yang berkaitan dengan makhluk gaib. Yuk gengs disimak sampai akhir penulisan!!!

Sejarah Kemunculan Makhluk Gaib di Bumi

Dalam ajaran Islam, kepercayaan akan keberadaan para makhluk gaib ini memang diyakini ada, itu bahkan terjadi sebelum manusia pertama diciptakan. Makhluk yang diketahui sempat menghuni bumi terlebih dahulu yaitu dari bangsawan jin.

Walau demikian, perbuatan jahat sekaligus dianggap telah mencemari dan merusaki bumi, pada gilirannya golongan jin tersebut mendapat ganjarannya dengan penumpasan secara keseluruhan oleh para Malaikat dan Iblis (yang sebenarnya termasuk jin juga, tapi golongan baiknya).

Penghancuran terhadap para makhluk golongan tersebut, menyisakan kehidupan bumi yang hampa. Dan sebab itulah, maka Allah SWT menciptakan manusia untuk menjadi khalifah di bumi, yang dikemudian masa hidup berdampingan dengan Jin (dalam bentuk astral) juga bersama hewan dan tumbuhan serta berbagai benda lainnya (bentuk nyata). Manusia, hewan dan tumbuhan yang hidup saat ini akan terus berevolusi dengan generasi berikutnya lewat takdir kematian, termasuk itu benda-benda di bumi (meski bukan ditentukan dari ajal atau takdirnya).

Karakteristik Makhluk Gaib dengan Manusia

Terdapat beberapa perbandingan karakteristik dari makhluk gaib dan manusia, seperti diantaranya:

  • Manusia diciptakan sebelum jin, dan sebaliknya jin diciptakan sebelum malaikat.
  • Terciptanya ketiga makhluk ini yaitu; malaikat (cahaya), jin (api) dan manusia (tanah). Oleh karena itu, mengapa manusia ketika meninggal dunia bakal dikubur dengan tanah? Ya, itu lantaran kita (manusia) berasal dari tanah dan seharusnya akan kembali juga ke tanah.
  • Malaikat, jin dan manusia adalah makhluk yang sama-sama memiliki jasad (jasmani).
  • Sebenarnya malaikat dan jin juga memiliki tingkatan, kedudukan, ilmu serta amalan; serupa dengan manusia. Tapi semua itu punya perbedaan dan tingkatnnya masing-masing.
  • Jin dan manusia memiliki syahwat, berjenis kelamin, makan-minum, berkeluarga, bereproduksi, bekerja dan istirahat. Namun malaikat tidak begitu.
  • Para malaikat lebih istimewa ketimbang jin; baik dari segi penciptaan, bentuk, perbuatan, ataupun keadaan.
  • Jin dan manusia memiliki jumlah populasi lebih sedikit daripada malaikat.
  • Malaikat diciptakan dengan tabiat yang selalu taat dan tak bermaksiat kepada Allah, sehingga disifati dengan sifat-sifat terpuji. Sementara jin dan manusia tercipta untuk dua pilihan kehendak yaitu taat atau ingkar. Selain itu manusia serta jin wajib menjalani syariat agama, sesuai nabi yang diutus. Maka dari itu, terdapat tiga golongan jin yakni muslim, kafir dan atheis dimana masing-masing memiliki sifat baik dan buruk.
  • Jin mempunyai kelompok, bahasa, negara, raja, bawahan dan bangunan; serupa dengan manusia.
  • Manusia dan jin sama-sama tinggal di bumi, tapi malaikat di langit.
  • Jin seperti manusia yang bisa merasakan sakit, takut, kuat dan lemah. Tak cuma itu, manusia dan jin juga akan mengalami kelahiran dan kematian, hal ini pun berlaku terhadap malaikat.
  • Meskipun malaikat dan jin adalah sosok gaib, tetapi mereka tak mengetahui kapan ajalnya, melihat masa depan, hari kiamat, dll. Tentu manusia juga seperti itu, yang takkan pernah tahu sama sekali perkara gaib layaknya yang dirasakan malaikat dan jin tersebut.
  • Para nabi dan rasul merupakan bangsa manusia, beda halnya dengan malaikat dan jin.
  • Malaikat memiliki fisik dan kecepatan yang jauh lebih berdaya ketimbang jin. Sedangkan jin lebih kuat daripada manusia. Malaikat dapat terbang sampai ke surga, justru sebaliknya jin tidak bisa melakukannnya; hanya mampu terbang sebatas langit saja.

Jenis-Jenis Makhluk Gaib

Sejatinya, dalam dunia nyata seperti yang kita jalani saat ini, banyak sekali jenis dari makhluk gaib berbeda golongan kemungkinan pernah kepergok atau kita rasakan kehadirannya. Nah, menyangkut hal demikian, saya akan menjelaskan beberapa diantaranya yang menurut mitos dan/atau faktanya berada di Indonesia. Seperti apa saja itu? Saksikan dibawah ini:

1) Dhanyang

Dhanyang atau Danyang adalah salah satu jenis makhluk gaib yang berasal dari jasad/roh manusia, yang konon katanya, ia suka mendiami sejumlah tempat seperti gunung, sumber mata air, sungai, bukit dan desa. Dhanyang merupakan sosok leluhur di suatu desa kuno yang dibangunnya sendiri, yang kala itu beredar kabar usai mendirikan desa tersebut ia tewas di hutan.

Makhluk gaib dhanyang

Menurut cerita masyarakat Jawa, makhluk ini mempunyai kekuatan cukup tinggi untuk menggarap suatu lokasi yang bakal dijadikan hunian baginya ataupun generasi selanjutnya. Bukan itu saja, mereka juga sekaligus percaya kalau Dhanyang tergolong makhluk halus bersifat baik dan suka membantu manusia, bahkan sudah dianggap sebagai roh pelindung.

2) Dhemit

Dalam kepercayaan masyarakat, dhemit atau dedemit merupakan suatu makhluk halus berwujud roh sakti yang biasanya sering dimintai pertolongan oleh manusia akan berbagai hal seperti misalnya mendapat kekayaan, kesehatan, kesejahteraan, keselamatan, pengasihan, keturunan, dll.

ilustrasi makhluk gaib dhemit atau dedemit

Hal yang hampir serupa dengan pesugihan ini dapat dilakukan manusia di sejumlah tempat keramat yang pada umumnya dihuni oleh dedemit tersebut; gedung tua, pepohonan besar, sungai, batu besar, dan pemakaman, dimana sekaligus harus memenuhi syarat permintaannya berupa nasi tumpeng, kue, bunga, ataupun ayam hitam/cemani.

3) Tuyul

Nah jika saya menyebut makhluk satu ini tentu semua orang Indonesia juga sudah paham. Tuyul dalam mitologi Jawa dikenal memiliki ciri-ciri seperti anak kecil atau bertubuh kerdil dengan kepalanya yang plontos alias tak berambut, dan nggak berpakaian.

Makhluk yang tergolong kedalam jenis jin ifrit ini juga bersifat sosial, yang pengertiannya adalah mereka hidup bermasyarakat dan punya pemimpin sendiri. Mungkin dengan alasan inilah mengapa mereka bisa sangat dekat terhadap majikannya yang berasal dari manusia.

Tuyul bangsat pencuri uang

Berbicara demikian, tuyul dianggap sebagai ‘pesuruh’ dari manusia untuk melakukan salah satu perbuatan tercela yaitu mencuri. Keahliannya itulah yang sering dimanfaatkan oleh beberapa ‘oknum nakal’ mendapatkan kekayaan secara instan, tanpa harus bekerja, yang dibutuhkan hanyalah menyediakan tempat tidur dan makanan jelang petang tiba kepada tuyul tersebut.

Perlu diingat, tuyul biasanya akan mencuri uang di rumahan, dan menurut cerita dari berbagai orang menyebutkan kalau makhluk ini sama sekali tak bisa melakukan pencurian di lokasi Bank/ATM. Jika begitu, ada baiknya pula kamu yang memiliki banyak uang sebaiknya simpan ditempat tersebut guna menghindari kehilangan lembar demi lembar uang kamu oleh sosok tuyul berkepala botak ini.

4) Lelembut

Untuk julukan makhluk halus satu ini mungkin kebanyakan orang belum pala mengenalnya, padahal itu hampir sering dilihat atau bahkan dirasakan berada sekitar kita. Lelembut adalah salah satu makhluk gaib ‘kasar’ yang gemar merasuki tubuh manusia hingga terjadinya kesurupan, kampir-kampiran, kampel-kampelan, kesetanan, kejiman dan kemomong (sebutan bagi orang kerasukan lelembut).

Lelembut - makhluk gaib

Jelas makhluk semacam ini, amat sangat mengganggu kita sebagai manusia khalayaknya. Tidak itu saja, ketika kerasukan lelembut seseorang juga bisa mengalami berbagai masalah seperti membuatnya sakit, gila, dan bahkan kematian. Tetapi perlu diketahui kalau makhluk ini merasuki tubuh manusia, ‘lontaran kata’ atau ucapannya adalah kemauannya yang harus dituruti. Jika tidak akan berbahaya untuk si ‘pemilik tubuh’, dan dengan kata lain kita wajib melawannya. Salah satu cara yang dianggap ampuh melepaskan lelembut yakni memanaskan kaki pada api unggun. Langkah ini cukup terbukti efektif lantaran makhluk tersebut amat takut akan api.

5) Memedi

Memedi, sesuai dengan sebutannya yang kalau dalam bahasa Jawa berarti “makhluk halus yang suka menakut-nakuti”. Dengan kata lain, memedi merupakan makhluk gaib berwujud roh yang acapkali memunculkan dirinya dengan sengaja demi menakuti-nakuti manusia.

Memedi - makhluk gaib

Ini akan begitu menyeramkan untuk kita lihat apabila wujud dari makhluk tersebut berada dihadapan kita, tetapi bakal berbeda jika kita memiliki iman yang kuat dan selalu bertaqwa pada Sang Maha Pencipta.

6) Pocong

Pocong? Hmm, mungkin seluruh masyarakat Indonesia sudah mengenal makhluk satu ini. Pocong adalah salah satu makhluk halus yang berasal dari jenazah manusia yang telah meninggal dunia usai dimandikan, dikafani, disholatkan dan kemudian dimasukkan ke dalam liang lahat.

pocong - makhluk gaib

Di Malaysia, pocong lebih dikenal dengan sebutan ‘hantu bungkus’. Dalam penggambarannya, pocong memiliki dua ciri versi berbeda yakni wajah yang berwarna hijau dengan mata kosong, sementara lainnya menyatakan kalau pocong itu berwajah rata, lubang mata berongga atau tertutup kapas yang disertai dengan wajah pucat.

Kebanyakan orang percaya, hadirnya pocong lantaran disaat penguburan ikatan kafannya lupa dibuka/dilepaskan. Ini merupakan bentuk protes si mayat/mayit yang merasa terusik di alam kubur akan hal tersebut. Untuk kaitan yang menggambarkan pocong itu bergerak dengan cara melompat-lompat (dalam suatu film), tetapi ada juga mitos yang beranggapan kalau pocong bergerak melayang-layang. Belum diketahui secara jelas mengenai pergerakkannya, namun itulah argumen yang beredar luas di masyarakat.

7) Wedon

Satu diantara banyak jenis makhluk halus atau gaib di Indonesia yaitu Wedon. Wedon adalah ‘kembaran’ pocong, dimana hanya terletak perbedaan pada bentuk kain kafannya saja yang lebih menjulang keatas. Selain itu, makhluk yang umumnya sering dijumpai di beberapa tempat seperti kuburan, pohon pisang, serta pepohonan bambu ini memiliki wujud yang semakin lama dapat membesar.

Makhluk gaib - Wedon

Konon kabarnya, jika kita bertemu dengan sosok wedon maka ia akan coba mengejar diri kita. Terlebih lagi, makhluk itu bila meludah dan terkena pada tubuh, percaya-tidak percaya hal ini bakal membusukkan bagian tersebut.

8) Genderuwo

Genderuwo adalah sejenis makhluk astral golongan jin yang memiliki wujud serupa kera, tubuh besar nan kekar, serta warna kulit hitam kemerahan dengan balutan tubuh yang dipenuhi rambut atau bulu. Pada mitos yang beredar di masyarakat, makhluk semacam ini biasanya suka mendiami sejumlah tempat seperti di bebatuan berair, bangunan kosong (tua), pepohonan besar, hutan, maupun sudut-sudut yang tampak lembab sepi dan gelap.

Makhluk gaib - Genderuwo

Meski watak genderuwo itu beringas, menyeramkan dan suka menakut-nakuti, namun sosok tersebut diyakini juga ada yang baik terhadap manusia, tergantung bagaimana manusia itu punya niat untuk berteman ataukah bermusuhan. Banyak orang percaya kalau makhluk satu ini paling demen dengan wanita, tapi adakalanya anak-anak kecil juga ikut diusiknya.

9) Kuntilanak

Hampir semua orang telah mengetahui makhluk ini, khususnya masyarakat Indonesia. Kuntilanak adalah sosok hantu wanita yang konon katanya berasal dari perempuan hamil yang belum sempat melahirkan anaknya sudah meninggal dunia.

Kuntilanak - Makhluk gaib

Kuntilanak atau bahasa Melayu-nya Pontianak/Puntianak tersebut pada umumnya memiliki ciri-ciri seperti wanita cantik berambut panjang, dengan mengenakan pakaian berwarna putih panjang. Sosok makhluk gaib tergolong jin yang diketahui amat senang mendiami muara sungai, pinggiran danau maupun pohon angker ini terbilang cukup menyeramkan sekaligus berbahaya, terutama bagi anak-anak usia muda. Selain menghisap darah, dia juga bakal melahap seisi daging dari tubuh korban yang di mangsanya.

Tidak hanya anak-anak, bahkan pemuda-pemuda yang berada di keadaan sunyi nan sepi sering sekali diusik oleh makhluk tersebut. Mirisnya lagi, kuntilanak juga gemar mengganggu wanita hamil yang dipercaya ingin mengambil janinnya. Oleh karena itu, menurut dari kepercayaan dan tradisi Jawa, bila ada seorang wanita hamil yang ingin mencegah perbuatannya itu, maka mengantongi paku, pisau dan gunting saat berpergian adalah cara ampuh menangkalnya.

10) Biyung Tulung

Dalam kehidupan yang kamu jalani, pernah tidak kamu mendengar suatu hal berupa suara tapi tidak tampak siapa yang melakukannya? Hmm, kemungkinan itu adalah makhluk astral bernama Biyung Tulung sedang berada disekitarmu.

Biyung Tulung - Makhluk gaib

Biyung tulung adalah salah satu jenis makhluk halus yang wujudnya tak terlihat, hanya ada terdengar suara jeritan atau teriakan minta tolong “aduh biyung, tulung” yang berarti “aduh ibu, tolong”. Sejumlah tempat yang disinyalir sebagai hunian atau keberadaannya yaitu lokasi yang sering terjadi kecelakaan. Dan satu lagi mitos/fakta yang beredar luas di masyarakat kalau di Jeron Beteng, Yogyakarta, paling jelas terdengar suara demikian.

Cara Memanggil Makhluk Gaib

Seperti yang telah kita ketahui bersama, di dunia ini terdapat sebagian besar manusia yang cukup memiliki keberanian untuk menyaksikan langsung kehidupan gaib, mengingat sebagai kepercayaan mereka akan keberadaan makhluk tersebut sekaligus mempertebal keimanan pada alam gaib. Di lain sisi, ada juga orang-orang yang kurang nekat dan/atau merasa gentar untuk melakukan hal demikian.

Baiklah kalau begitu, buat kamu nih yang pengen mengetahui dan melihat secara nyata akan keberadaan serta bagaimana sosok makhluk gaib itu, ada beberapa cara memanggil-nya untuk hadir di sekitar atau bahkan di hadapanmu. Ingat, jangan pernah lakukan ini bila kamu tak cukup bernyali…

1) Menyisir Rambut

Cara pertama yang bisa kamu perbuat ketika hendak memanggil sesosok makhluk gaib atau halus yaitu menyisir rambut. Perlu diingat, untuk melakukannya kamu harus menyisir rambut pada waktu tengah malam di depan cermin dengan kondisi lampu setengah redup atau bisa memakai sepotong lilin sebagai media pencahayaan saja. Dan saat kamu menoleh ke arah cermin, dirimu bakal melihat penampakan hantu maupun setan disana.

menyisir rambut tengah malam pada sebuah cermin bisa mengundang makhluk halus hadir

Cara ini dianggap cukup efisien untuk kamu yang memiliki nyali besar mengundang atau memanggil makhluk-makhluk gaib semacam contoh yang telah disebutkan tadi.

2) Tanah Kuburan

Bagaimana membuatnya? Caranya cukup sederhana, yang perlu kamu lakukan adalah mengusapkan tanah kuburan ke bagian wajah hingga mata sebanyak tiga kali. Olesan semacam ini dipercaya dapat mengundang makhluk gaib, salah satunya yakni tuyul.

Usap tanah kuburan ke wajah dan muka bisa memicu penampakan makhluk gaib seperti tuyul

Menurut beberapa sumber yang ada, langkah tersebut bisa jadi efektif memunculkan sosok tuyul. Dan adapula sumber lainnya justru kurang sependapat dengan hal demikian, lantaran belum terbukti kebenarannya.

3) Mengitari Rumah

Satu cara diantara lainnya untuk manggil makhluk gaib yaitu mengitari rumah. Jika kamu merasa cukup bernyali, lakukan hal ini dengan cara mematikan seluruh lampu yang terdapat di rumahmu atau pergunakan lilin saja, kemudian cobalah untuk sesekali menyebut “kemari… tampakkanlah sosokmu wahai gaib”.

Melihat makhluk gaib dengan cara mengitari rumah yang keadaan lampu mati

Ritual semacam ini diyakini bisa mengundang para makhluk halus untuk menampakkan dirinya ke hadapan siapa saja orang yang berbuat demikian. Berani coba?

4) Petak Umpet

Petak umpet sejatinya kita sebagai suatu permainan masa kanak-kanak yang sangat mengasyikkan sekaligus menyenangkan, dimana ini biasanya dilakukan oleh sekumpulan orang, yang diantaranya satu sebagai penjaga, dan lainnya mengumpet atau bersembunyi dimanapun asalkan tidak ketahuan si penjaga tersebut.

bermain petak umpet di tempat angker bisa mendatangkan makhluk gaib

Namun, yang perlu kamu ketahui adalah permainan demikian juga dapat mengandung hal mistis jika itu sengaja diperbuat. Percaya atau tidak, bila kamu memainkannya di sejumlah tempat seperti misalnya di kuburan ataupun tempat angker, niscaya saat kamu dalam keadaan berjaga, maka wujud makhluk halus menyerupai dari sosok temanmu bakal menghampirimu dalam kondisi yang kurang wajar atau sikap yang tidak seperti biasanya. Serem yah?

5) Bakar Terasi

Mungkin bagi sebagian orang menganggap mustahil membakar terasi itu bakal memicu penampakan sosok gaib. Memang terdengar agak aneh, tapi ini nyata. Saat kamu melakukannya dengan cara yang tepat, itu beneran lho bisa mendatangkan makhluk gaib di sekitarmu, terlebih lagi dapat merasuki tubuh.

Tradisi semacam ini telah dilakukan sejak Jawa Kuno, yang diketahui memang berhasil memancing keluar para makhluk halus tersebut. Penampakkan seperti setan, tuyul dan bahkan kuntilanak adalah menggunakan ritual ini. Jika kamu penasaran akan hal itu, silahkan dirimu mempersiapi sepotong terasi yang kemudian di bakar dengan api.

bakar terasi tengah malam memicu hadirnya sosok gaib

Sangat ideal untuk kamu perbuat ini di waktu tengah malam, pada tempat sepi nan sunyi sekaligus angker. Dan satu yang tak boleh dielakkan yaitu ketika melakukan ritual tersebut, adakalanya kamu untuk berdiam, tanpa melontarkan sepatah-kata pun dari mulutmu. Dalam kondisi senyap seperti ini ditambah lagi dengan bau aroma bakaran terasi, maka para makhluk halus akan keluar meresponnya. Siap-siap merinding…

6) Mandi Tengah Malam

Semua orang jelas membutuhkan mandi setiap harinya, setidaknya dua kali sehari. Biasanya dilakukan pada waktu pagi ataupun sore hari, tapi ada pula orang yang mengerjakannya lewat tengah malam. Nah, jika kamu gemar mandi di waktu tengah malam, maka bersiaplah untuk kehadiran sosok gaib di sekitarmu, apalagi itu diperbuat dengan kondisi lampu yang redup atau gelap dan sembari diiringi suara nyanyian.

makhluk gaib akan menemanimu kala mandi tengah malam

Bulu kuduk yang merinding, bukan berarti kamu sedang kedinginan melainkan itulah pertanda jika makhluk halus sedang berada di sekitarmu, dan awas kaget jika dia muncul di hadapanmu.

7) Buka Payung

Membuka payung dalam rumah bisa menampakkan makhluk halus

Untuk melihat makhluk halus, cara satu ini dianggap cukup simple nan sederhana untuk dilakukan. Ambillah payung, kemudian buka objek tersebut di dalam rumah, niscaya cara ini bakal berhasil menampakkan beberapa contoh wujud dari makhluk gaib. Nggak percaya? Silahkan ajah untuk kamu perbuat sakarang…

8) Membungkukkan Badan, Menoleh Kebelakang

Cara selanjutnya memanggil ataupun melihat makhluk gaib yaitu membungkukkan badan ke bawah, kemudian menoleh ke arah belakang dari sisi selangkangan. Pandangilah terus selama beberapa detik hingga menit, konon ntar makhluk halus bakal muncul dan mengagetkanmu. Ini bisa berefek nyata jika kamu melakukannya di tempat-tempat yang terlihat menyeramkan sekaligus sepi-senyap maupun gelap.

Membungkukkan Badan, Menoleh Kebelakang - makhluk gaib

Siap terkejut untuk hal itu? Lakukanlah sekarang demi menjawab keraguanmu atas kebenaran alam beserta makhluk gaib di dunia ini.

9) Dandanan Khas Orang Meninggal

Berdandan layaknya orang meninggal saja mungkin cukup mengerikan kita rasakan, bagaimana pula dengan kemunculan makhluk gaib saat melakukan hal semacam itu.

Dandanan khas orang meninggal memicu hadirnya makhluk gaib

Menurut sumber yang ada, konon cara tersebut diyakini efektif memicu kehadiran sejumlah makhluk halus di sekitar orang yang berdandan demikian. Hal ini dikarenakan para makhluk halus menduga kalau kamu sudah meninggal dunia sehingga mereka menganggap dirimu sebagai sesosok teman baginya. Percaya atau tidak, itu dapat kamu buktikan sendiri..

10) Mengetuk Piring Kaca

Perlu kamu ketahui bahwa piring kaca yang umumnya digunakan untuk makan ternyata punya nilai mistis juga lho. Agak riskan memang, tapi begitulah nyatanya. Hanya butuh beberapa menit ketika kamu mengetukkan piring tersebut dengan sendok atau garpu, maka itu bakal memicu hadirnya makhluk gaib, diawali bulu kudukmu yang merinding.

Mengetuk piring kaca dapat mengundang makhluk halus

Suara ketukan yang seimbang, disinyalir amat disukai para makhluk itu, apalagi dilakukan jelang tengah malam tiba. Hmm, bisa-bisa deh kamu mati ketakutan hehehe..

11) Bakar Hati Monyet

Tidak hanya bakar terasi saja yang bisa mengundang makhluk halus, akan tetapi hati monyet yang masih segar juga demikian. Mungkin cara ini terbilang menjijikan, namun itulah salah satu ritual yang diyakini ampuh memanggil para roh gaib untuk hadir ‘mendampingi’ kamu.

Bakar hati monyet dapat mengundang makhluk gaib

Ritual semacam ini akan berjalan sesuai keadaan bila kamu melakukannya dengan cara yang tepat yaitu bakar hati monyet itu sampai jadi abu halus, lalu usapkan pada kedua mata hingga merata, nggak berapa lama kemudian setelah itu, dirimu bakal menyaksikan penampakan gaib. Mau coba?

12) Letakkan Kursi di Depan Cermin

Letakkan Kursi di Depan Cermin sama artinya mengundang sosok makhluk gaib, kuntilanak

Menurut kepercayaan dari sebagian besar masyarakat Indonesia, beranggapan apabila meletakkan sebuah kursi di depan cermin yang datar, maka itu sama artinya mengundang makhluk halus untuk menghinggapinya. Nah, jika kamu pernah melihat dan bahkan sengaja meletakkan objek tersebut di tempat demikian, khususnya yang paling sering muncul adalah sosok kuntilanak bakal kamu saksikan disana. Ikhhh serem banget bukan?

13) Bersiul Malam Hari

Bersiul adalah suatu cara mengekpresikan diri dengan nada suara yang berasal dari mulut. Tentu kita semasa kecil dan bahkan sampai sekarang ini masih gemar melakukan siulan untuk sesuatu hal. Tapi perlu diingat, jika kamu menerapkan ini pada waktu malam hari, konon itu berarti dirimu sudah cukup bernyali melihat sejumlah penampakan setan ataupun hantu.

Bersiul malam hari memanggil makhluk gaib

Mitos yang diduga muncul sejak dahulu kala ini, sudah dianggap oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah hal tabu namun terkadang memang asli bisa mengundang para makhluk gaib untuk hadir.

14) Arang

Pada umumnya, arang dapat digunakan sebagai bara api untuk memanggang sesuatu hal seperti misalnya sate. Namun selain itu, objek tersebut ternyata juga bisa lho membuka ‘mata batin’ seorang manusia. Dengan demikian, jelas itu akan membuatmu dapat secara tak kasat mata menyaksikan langsung beberapa makhluk berbeda alam, kayak pocong, setan dan lain sebagainya.

mengoles arang pada bagian kelopak dan kantung mata bisa menampakkan makhluk halus

Lantas bagaimana caranya? Kamu hanya membutuhkan sepotong arang hitam yang kemudian mengoleskannya ke bagian kelopak dan kantung mata. Waktu yang tepat untuk kamu terapkan ini yakni tengah malam.

Demikianlah penyampaian saya terkait artikel beberapa Cara Memanggil Makhluk Gaib, beserta catatan lainnya. Secara garis besar; makhluk gaib adalah merupakan makhluk yang sama-sama diciptakan oleh Sang Maha Pencipta dengan berbagai jenis golongan, sifat, watak, dan tampak atau tidak makhluk tersebut dengan indera mata manusia.

Akan tetapi, pada umumnya manusia itu sebenarnya tak dapat melihat secara jelas sosok halus dari alam gaib. Oleh karena itulah, cara memanggil makhluk gaib pada artikel yang saya perbuat kali ini adalah sebagai contoh sarana buat kamu-kamu yang ingin memastikan keberadaan dan/atau kebenaran akan alam beserta makhluk gaib di dunia kita ini.

Semoga berguna, sekian dan terima kasih…