Ternyata Uang Kertas/Koin Rupiah Lama Ini Memiliki Harga Cukup Mahal Loh?

Rupiah - uang kertas dan koin yang cukup bernilai dibanding nominal aslinya

Berbicara mengenai Uang, pasti semua orang di dunia ini ingin mempunyainya, benar tidak sob? Gimana tidak, dengan uang kita dapat menghidupi diri, membeli barang yang diinginkan dan lain sebagainya.

Nah, untuk negara kita sendiri (Indonesia) di era modern seperti saat ini, revolusi atau pergantian setiap mata uang pasti sering terjadi. Yang lama di tinggalkan/ditarik dari edaran dan yang terbaru digunakan. Hmm, tak tahu alasannya mengapa pemerintah sampai berbuat begini, namun tentu untuk sebagian besar orang atau dari kita, memiliki Kertas/Koin Rupiah baru adalah hal yang banyak di nanti. Tetapi tahukah anda bahwa uang Lama Ini Memiliki Harga Cukup Mahal Lho? Harganya bisa berkisar diantara ratusan, jutaan bahkan sampai puluhan juta rupiah.

Seperti apa sajakah uang tersebut? Penasaran… Yuk langsung saja kita ulas dibawah ini:

1. Uang Kertas Rp. 100 Gambar Perahu Layar

Rp. 100

Masih ingatkah anda dengan uang tersebut? Yah, bagi anda yang lahir di tahun 80-an tentu sudah pernah menjajankan uang kertas Rp. 100 itu bukan? Hmm, uang kertas bergambar perahu layar ini mulai beredar sejak tahun 1977, 1984 dan 1992 hingga tidak beredar lagi di tahun 2011.

Namun kini bila anda masih memilikinya jangan diletakkan sembarangan yah, sebab uang tersebut mempunyai nilai jual yang lumayan fantastis lho!!!

Uang Kertas Rp. 100

Terlihat pada gambar diatas bahwa uang kertas Rp. 100 saat ini bernilai berkali-kali lipat dari nominal sesungguhnya. Kisaran harga Rp. 800,000 – Rp. 5,000,000. Terdapat alasan maupun isu yang terlontar mengapa uang demikian mempunyai harga tinggi, diantaranya yaitu para kolektor menganggap bahwasannya uang tersebut sangat langkah, dipakai untuk hal2 mistik, dll.

2. Uang Kertas Rp. 500 Gambar Orangutan

Rp. 500 orangutan

Siapa tidak melongok ketika mendengar uang kertas Rp. 500 gambar orangutan sekarang ini mempunyai nilai jual yang juga cukup wow??? Rp. 800,000 – jutaan adalah nominal yang bisa anda dapati dengan hanya melelangnya ke toko online atau kolektor.

Dulunya uang kertas yang pertama kali beredar sejak tahun 1992 tersebut bukanlah nilai tukar-beli cukup besar bahkan anda yang pernah menggunakannya sebagai bahan ejekan terhadap teman-teman, tetapi saat ini pastinya anda bakal menelan ludah melihat harganya.

3. Uang Kertas Rp. 100 Gambar Bung Karno

Uang Kertas Rp. 100 tahun 1948

Nah inilah rupiah kertas yang cukup aduhai menurut admin sendiri. Uang yang di edarkan pada tahun 1948 tersebut dapat membuat siapa saja mengangak. Mengapa demikian? Uang pecahan seratus rupiah bergambar Bung Karno itu sekarang ini di pasar di bandrol dengan harga yang mencengangkan dari nominal sebenarnya.

Bayangkan saja Rp. 100 tersebut bisa menebus harga beli mencapai ratusan juta rupiah. Busyet dah!!!

Berdasarkan kutipan dari sumber TribunBali, uang kertas kuno ini sanggup dibayar kolektor 100 – 150 juta Rupiah perlembar.

Lalu apa yang membuatnya begitu mahal?

Uang itu dihargai mahal karena dianggap menjadi saksi zaman perjuangan.

Uang itu dianggap memiliki nilah sejarah yang tinggi sehingga harganya menjadi mahal.

Selain itu, uang itu juga sudah cukup langka sehingga sangat susah untuk didapatkan.

4. Uang Kertas Rp. 1000 Gulden

Uang Kertas Rp. 1000 Gulden

Ini juga merupakan uang kertas Rupiah yang memiliki nilai jual amat menggemparkan bagi sebagian orang awam. Uang tersebut adalah keluaran zaman jajahan Belanda di Indonesia yang mempunyai harga berkisar 50 – ratusan juta Rupiah/lembarnya.

Jangan merasa heran jika nilainya mencapai segitu, sebab uang yang menampilkan dua orang menggunakan kostum wayang tersebut kini telah menjadi incaran para kolektor uang lama. Dan kelangkahan atau sulitnya menemukan uang ini juga patut dipertimbangkan.

5. Uang Kertas Rp. 500 Gulden

Uang Kertas Rp. 500 Gulden

Sama halnya dengan jenis Gulden diatas (Rp. 1000) dan juga serupa tahun edarannya hanya saja berbeda nominal namun harganya cukup fantastik. Uang kertas lama Rp. 500 ini di bandrol dengan harga 20 juta Rupiah, gila bukan?

Bayangkan saja, hanya dengan selembar uang tersebut anda bisa membeli sebuah sepeda motor.

Uang 500 Gulden mahal karena juga termasuk dalam daftar uang langka dan susah untuk ditemukan.

6. Uang Kertas Rp. 5000 Gambar Sasando

Uang Kertas Rp. 5000 Gambar Sasando

Terlihat sepele Rp. 5000 untuk sekarang ini. Namun, tahukah anda uang lama 5000 Rupiah bergambar sasando terdahulu kini cukup lumayan berharga lho?

Uang yang pertama kalinya beredar tahun1992 tersebut untuk saat ini bisa anda perhitungkan. Lima ribu Rupiah sasando bak disulap menjadi Rp. 3 – 5 juta kepada peminat uang lama. Hal ini dikarenakan uang itu terbilang amat langkah dan juga sulit ditemukan.

Mungkin dari segi desain uang lama memang tidak oke, tetapi ternyata saat sudah langka malah menjadi barang yang paling diburu.

7. Uang Kertas Rp. 10000 Gambar Cut Nyak Dhien

Uang Kertas Rp. 10000 Gambar Cut Nyak Dhien

Uang ini dulu mungkin hanya cukup untuk membeli satu liter bensin. Tapi sekarang, uang kertas edaran tahun 1998 ini dapat anda jadikan sebagai DP sepeda motor lho!

Ya, kabarnya, uang Rp. 10000 lawas ini kini dihargai 600 ribu Rupiah satu lembarnya.

Hal ini mungkin juga berhubungan bahwa uang kuno itu biasa digunakan sebagai salah satu mahar dalam resepsi pernikahan.

Namun sampai sekarang ini, tidak ada orang yang dapat menyangka bahwasannya uang tersebut akan meningkat hingga 60 kali lipat dari nominal umumnya. Hmm, beruntunglah anda bila masih menyimpan Rp. 10000 bergambar Cut Nyak Dien ini.

8. Uang Kertas Rp. 50000 Gambar WR Soepratman

Uang kertas Rp. 50000 gambar Wage Rudolf Soepratman

Itu adalah uang kertas lama yang tentunya juga memiliki harga cukup memukau bagi segilintir orang awam namun tidak untuk pengagum uang kuno.

Nilai jualnya dapat mencapai 1 – puluhan juta Rupiah perlembarnya lho. So, jika anda masih mempunyai uang edaran tahun 1999 tersebut jangan lupa untuk langsung menginfokannya ke situs jual-beli online yah?

9. Koin Rp. 200 Gambar Burung Cendrawasih

Koin Rp. 200 Gambar Burung Cendrawasih

Jika saya bertanya kepada anda, uang recehan apalagi hanya Rp. 200 saja untuk sekarang ini pasti sangat sering anda abaikan, benarkan? Apabila anda menjawab “Tidak” itu sangat konyol, dan cukup sering saya menyaksikan keping demi keping koin 200 Rupiah tercecer di jalanan.

Hmm, namun jika anda telah membaca artikel ini, akan sangat mungkin untuk anda mengutip dan mencari kembali koin 200 Rupiah tersebut kecuali anda termasuk orang yang berpenghasilan.

Yah, koin Rp. 200 edisi 1970-an bergambar burung cendrawasih adalah salah satu koin yang dapat menghasilkan uang tambahan bagi anda. Koin yang dicetak hanya 5.100 keping di Indonesia itu menjadi buronan kolektor uang lawas untuk sekarang ini. Para kolektor senantiasa akan membayar perkepingnya dengan harga berkisar Rp. 400,000 – 500,000.

10. Koin Rp. 100,000 Gambar Komodo

Koin Rp. 100,000 Gambar Komodo

Koin tersebut sudah diedarkan sejak tahun1974 oleh pemerintah Indonesia. Dengan kandungan emas 90%, berat 33,437 gram dan hanya diproduksi sebanyak 5,333 keping saja koin ini menjadi barang yang cukup langkah serta menjadi buruan pencinta uang kuno tanah air.

Harga jualnya juga sangat fantastik loh, 10 juta Rupiah perkepingnya. Ada yang punya?

11. Koin Rp. 10000 Gambar Wanita Menari

Uang-Koin-Pecahan-10.000-rupiah

Apakah anda pernah menemukan pecahan Rp. 10000 gambar wanita menari? Yah tentu, bagi anda yang lahir pada tahun 1970 pasti sudah tak asing lagi dengan koin emas satu ini bukan? Koin tersebut mungkin berharga kecil pada saat itu, tetapi tidak untuk sekarang ini.

Koin yang terbuat kadar emas 90% dengan berat 24,6 gram itu ternyata mempunyai harga jual yang lumayan tinggi juga loh sob! Empat juta Rupiah awalnya, namun kemungkinan dapat mencapai lebih dari itu lagi. Beruntunglah anda yang mempunyainya…

12. Koin Rp. 1000 Gambar Kelapa Sawit

Koin Rp. 1000 Gambar Kelapa Sawit

Apakah saku anda sekarang ini masih menyimpan koin logam Rp. 1000 bergambar kelapa sawit edisi 1993? Perlu anda ketahui, uang lama tersebut sudah termasuk langkah dan sulit untuk menemukannya. Oleh karenanya, koin ini sangat dicari banyak pengoleksi uang kuno.

Nah harga jual-belinya juga lumayan loh. Pas saya membuka salah satu situs jual-beli online, saya melihat harganya berkisar diantara Rp. 300,000 – 2 jutaan.

Tinggal mengumpulkan 10 koin seribuan ini mungkin anda bakal punya satu smartphone baru tercanggih. wkwkwk….

Nah demikianlah penyampaian saya terkait Uang Kertas/Koin Rupiah Lama Berharga Cukup Mahal. Manakah diantara uang-uang tersebut yang anda punya? Yah juallah segera dan nikmati panen besar dari penghasilan uang lama milik tanah air kita.

Semoga bermanfaat informasi saya ini, terima kasih!