Aneka Macam Temuan Yang Kini Mendunia

Aneka Macam Temuan Yang Kini Mendunia

Manusia!!! Hem, berbicara mengenai makhluk hidup satu ini mungkin terasa berbeda dengan yang lainnya. Walau sama-sama diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, namun, posisi dan derajat manusia itu lebih tinggi ketimbang hewan ataupun tumbuhan. Yah, biarpun saya berkata sedikit ngawur dengan mengaitkan perbandingan diantara manusia dan makhluk hidup tersebut, tetapi itulah daya seorang manusia seperti kita ini.

Dibekali akal, pikiran, nurani dan lain sebagainya, manusia seharusnya dapat lebih cerdas dan pintar untuk melakukan apapun di dunia. Menginspirasi maupun mengekspresikan diri adalah tindakan lazim manusia dalam menemukan suatu hal yang bisa dikembangkan secara global.

Serupa halnya dengan artikel yang akan saya bahas sekarang ini dimana terdapat Aneka Macam Temuan Yang Kini Mendunia. Maksudnya apaan sih? Yaps, beragam temuan yang segera saya ulas ini berasal dari beberapa penemuan selama berabad-abad dan sampai saat ini telah berkembang pesat di antero dunia. Nah sudah jelaskan! Yups, saatnya kamu menyimak bagian utama penulisan ini. Cekidot…

(1) Bola Lampu

Temuan bola lampu

Sudah tahukah kamu siapa penemu bola lampu pertama kali? Mungkin hanya sedikit orang yang tidak mengetahui ini. Thomas Alva Edison ialah orang yang berhasil menciptakan sebuah bola lampu untuk pertama kalinya sejak tahun 1879. Ia memulai rangkaian bola lampu dengan bahan dan cara pembuatan sebuah plat metal diletakkan dekat filamen lalu dihubungkan ke terminal positif baterai yang kemudian arus listrik segera mengaliri filamen dan plat tersebut, dan terbuatlah bola lampu dengan cahaya sempurna.

Kini, bola lampu telah terpakai dihampir seluruh dunia dan juga dimanfaatkan sebagai salah satu penerangan yang bakalan menerangi kala gelap menghinggapimu.

(2) Listrik

Temuan Listrik yang mendunia

Listrik? Yah, mungkin ini menjadi sebuah kebutuhan hidup bagi seorang manusia untuk melakukan berbagai aktivitas/gerakan dalam sehari-hari. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan penggunaan listrik pada saat sekarang ini, benarkan? Tidak hanya penerangan saja, menyetrika, mencuci dan lainnya bisa kamu manfaatkan dengan adanya pasokan listrik.

Yoi, walau listrik dikatakan berbahaya namun itulah kebutuhan (bukan mendasar tetapi penting). Sejak terciptanya listrik pada tahun 1821 oleh Michael Faraday seorang “Bapak Listrik” bermula ketika ia berekperimen dengan menggunakan sebuah konstruksi volta, tujuh uang logam yang kemudian ditumpukkan bersama tujuh potongan seng, enam lembar kertas basahan air garam. Hal inilah yang dapat menguraikan magnesium sulfat untuk kelistrikan. Apa kamu ingin mencobanya?

(3) Coca-Cola

coca-cola temuan

Jika kamu melihat gambar coca-cola diatas apa yang terbayang olehmu saat ini? Untuk sebagian besar masyarakat umum pasti sudah mengenal dan pernah mencicipi minuman tersebut bukan? Hmm segerrrr…

Bay the way tahukan kamu siapa penemu minuman coca-cola itu? Hayo hayo hayo… Pasti pada kagak ngerti nih bila ditanya hal demikian! Yadah, jawabannya yaitu John Pemberton Stith seorang apoteker asal Amerika sekaligus pembuat pertama minuman coca-cola. Awal penyajian tersebut dilakukan karena John sangat sering merasakan sakit kepala dan untuk mengatasinya, ia mencoba sebuah racikan minuman yang terdiri dari bahan seperti tanaman koka dan coca wine.

Namun, lantaran adanya larangan untuk menjual alkohol di Amerika Serikat pada tahun 1885, John mulai mengganti coca wine dengan campuran sirup dan soda dimana terbuatlah minuman coca-cola bersensasi menyegarkan serta lezat untuk kamu nikmati…

(4) Microwave Oven

Temuan mendunia - Microwave Oven

Siapa yang tidak mengenal alat dapur tersebut, khususnya ibu rumah tangga yang sangat menyukai masakan berupa keu ataupun roti. Yah, microwave oven pertama kali ditemukan oleh seorang pakar fisika kelahiran Howland, Maine, Amerika Serikat bernama Percy Lebaron Spancer.

Pada tahun 1945 (seusai perang dunia II), Percy memiliki pekerjaan sebagai pemantau radar angkatan laut Amerika dan suatu ketika bermula dari mencairnya permen cokelat dalam saku celana yang dikenakannya, ia melihat ada sebuah alat magnetron, disaat itulah ia mulai meletakkan permen cokelat miliknya diatas alat tersebut. Tidak lama berselang ia menemukan permen cokelat dalam keadaan mengembang (beku).

Dengan melihat itu, ia pun mencoba kembali sejumlah eksperimen untuk menerapkan bahan lainnya termasuk telur dan popcorn. Hasil eksperimennya tersebut juga berhasil. Dengan ide demikian, ia kemudian menggabungkan beberapa alat diantaranya magnetron, kotak logam, generator dan induksi elektromagnetik untuk mengubahnya menjadi microwave oven.

Nah, alat yang sudah dibangun sejak 1945 itu, kini bisa dibeli secara bebas di pasaran buat kamu yang tidak ingin bersusah payah lagi untuk membuat kue dan roti di rumah.

(5) Dinamit

dinamit

Pada tahun 1866, seorang ilmuwan asal Swedia yang bernama Alfred Bernhard Nobel, berhasil menggeber dunia lewat karya pembuatan dinamit. Awalnya, banyak ahli yang berkeinginan untuk membuat sebuah dinamit, namun tidak semua berhasil bahkan telah melukai diri mereka sendiri.

Lain halnya dengan jenius satu ini, Alfred, dimana ia memulai pembuatan dengan bahan serta campuran yang sangat lazim untuk dijadikan dinamit. Ia mencampur sejumlah bahan kayak nitrogliserin dan kieselguhr (tanah halus) yang teraduk hingga berbentuk pasta, lalu dimasukkan ke dalam lubang pipa berdiameter 1 inci dan panjang 8 inci dengan sumbu bakar menancap diatasnya. Disanalah dinamit mulai tercipta, dikenal banyak orang dan dijadikan bahan peledak yang masing-masing memiliki daya atau kekuatan ledak berbeda (tergantung bahan).

(6) Anestesi

Anestesi - Temuan untuk dunia kedokteran

Mungkin untuk sebagian besar orang yang berkuliah di bidang ilmu kedokteran maupun yang telah berpredikat sebagai dokter pasti sudah mengenal alat satu ini!!! Anestesi adalah sebuah alat yang umumnya digunakan oleh dokter untuk membius seorang pasien dalam keadaan sadar atau kritis. Ada tiga tipe anestesi seperti pembiusan total, pembiusan lokal dan pembiusan regional. Kata anestesi sendiri mulai muncul sejak tahun 1846 dimana Oliver Wendel Holmes Sr yang mempopulerkannya.

Lalu siapakah penemu alat tersebut? Horace Wells merupakan orang yang pertama kali menemukan alat anestesi pada tahun 1844. Ia mulai membuat alat ini lewat inspirasi ketika ia mendatangi pesta ‘gila-gilaan’. Disana, ia melihat sebuah objek yang dipergunakan yaitu nitrous oksida dan eter untuk mereka para tamu yang ingin bersukacita dan tertawa lepas pada acara tersebut. Saat melihat adanya seorang tamu yang terjatuh dan terluka di bagian kaki, ia langsung menolong dan alangkah kagetnya Wells dengan pernyataan tamu itu dimana ia mengaku tidak ada terasa sakit sedikitpun.

Mengingat hal tersebut dan sesampainya dirumah, ia kemudian berinisiatif untuk merancang sebuah peralatan yang bakal dijadikan anestesi. Hari berikutnya, ia menguji alat itu pada pasien yang ingin melakukan perawatan gigi dimana ia adalah pemiliknya. Hasilnya cukup memuaskan dan benar-benar berefek nyata. Sampai saat ini, anestesi telah tepakai di hampir seluruh rumah sakit dunia.

(7) Teflon

Temuan Teflon yang mendunia

Temuan yang mendunia selanjutnya yaitu teflon. Teflon adalah salah satu perabot rumah tangga yang dapat dipakai untuk memasak, menggoreng dan lainnya. Alat tersebut pertama kali dibuat oleh Roy Plunkett seorang ahli kimia pada tahun 1938. Pada saat itu, ia menemukan kontainer berisikan tetrafluoroethylene seberat 45 kg yang akan digunakan dalam memproduksi klorofluorokarbon. Ketika membuka kontainer tersebut untuk memindahkan sejumlah klorinasi atau menggunakan asam klorhidrat, Roy melihat tidak ada sedikitpun yang tersisa.

Saat mengecek penyebabnya, ia hanya menemukan secercah bubuk putih (padahal sebelumnya tidak ada). Ternyata setelah dilakukan penelitian secara berkala, Roy baru menyadari bahwa tetrafluoroethylene dalam kontainer itu telah mengalami proses polimerisasi menjadi politetrafluoroetilena. Disanalah ide pembuatan teflon muncul oleh sosok Roy Plunkett.

(8) Super Glue

Temuan Super Glue kini mendunia

Tahukah kamu bahwasannya penemuan super glue (lem super) telah ada sejak era peperangan dunia ke-2? Hmm, itu memang benar adanya! Harry Coover yang memimpin sebuah tim ilmuwan untuk melakukan ekperimen pembuatan lem tersebut pada tahun 1942. Walau sempat gagal diawalnya, Harry dan rekan-rekan tidak menganggap itu merupakan kegagalan.

Beberapa tahun kemudian dan dengan campuran bahan yang sama namun ditambahkan dengan lainnya seperti cyanoacrylates metil 2, etil 2, n butil dan juga 2 metoksisinamat super glue buatan mereka pun berhasil (sempurna) dan saat ini sudah beredar luas di pasaran karena banyak orang yang membutuhkan alat ini. Bisa jadi kamu salah satunya!!!

Yaps yaps yaps… Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan untuk kamu terkait Aneka Macam Temuan Yang Kini Mendunia. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kamu pembaca totomania. Terima kasih!