Sempat Diremehkan, Kini 4 Seniman Jogja Ini Menatap Dunia

4 Seniman Asal Jogja Yang Kini Menatap Dunia

Menjadi seniman bukanlah perkara gampang, butuh kreativitas dan kolektivitas yang tinggi demi menghasilkan suatu karya seni yang mengesankan di hadapan banyak orang. Berbagai tantangan dan cemoohan harus bisa diatasi dengan ‘kepala dingin’, ‘senyum manis’, serta bertindak se-natural mungkin untuk menuai hasil yang lebih positif lagi. Tak mustahil bila mereka bakal menemukan ketenaran sekaligus kesuksesan dari bidang seni yang di gelutinya.

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Jogjakarta atau biasa diucap Jogja adalah penghasil para seniman. Sudah banyak seniman Jogja yang bermunculan dan bisa dikatakan cukup berhasil dikenal oleh berbagai kalangan publik.

Yah, seperti apa yang terjadi terhadap ke-empat seniman asal Jogja ini, dimana ada Agan Harahap, Eko Nugroho, Shaggydog, dan Diwa Hutomo. Sempat mengalami beberapa kali kegagalan, bukan berarti mereka langsung terpuruk dalam keadaan. Berkat kerja keras yang diiringi tekad besar pada akhirnya mereka pun berhasil mempersembahkan sejumlah hasil karya seninya di mata dunia.

1) Agan Harahap

Agan Harahap adalah salah satu seniman asal Jogja yang dikenal dengan kelihaiannya memanipulasi gambar atau foto. Pria bernama lengkap Yohanes Paganda Halasan ini memamerkan beberapa hasil foto editan-nya di jejaring sosial hingga menjadi viral dan menemukan banyak followers mengikutinya. Meski demikian bukan tidak ada juga orang yang mencibir hasil karyanya tersebut. Tapi hal itu justru menjadikannya lebih bertindak dewasa menyikapi setiap permasalahan yang dianggap sangat wajar terjadi di kehidupan, dimana pasti selalu ada pro dan kontra.

Seniman Jogja - Agan Harahap

Bukan hanya jejaring sosial saja, lulusan Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Bandung di tahun 2005 silam itu juga diketahui pernah mem-publish karyanya di sejumlah negara seperti Korea Selatan, Jepang, Portugal, Kolombia, dan Australia. Tidak sampai disitu, bahkan pada bulan April 2017 lalu, Agan juga sempat menggelar pameran seni di Mizuma Gallery, Singapura. Lantas, negara mana lagi yah yang menjadi tujuan berikutnya?

2) Eko Nugroho

Menggambar adalah keahliannya, Eko Nugroho, salah seorang pelukis asal Jogja yang cukup di kenal masyarakat dunia, khususnya penggemar lukisan. Konon ceritanya, semasa masih kecil dia pernah terpergok mencoret-coret dinding rumah dari tetangganya. Hal itu dikarenakan dirinya yang sangat mencintai seni menggambar.

Eko Nugroho - Seniman Jogja

Walau demikian sisi positif dari Eko pun muncul kala dia beranjak dewasa, seusai lulus menjadi mahasiswa di Institut Seni Indonesia; dimana dirinya berhasil membuka sebuah kelas seni bernama Eko Nugroho Art Class. Bukan hanya itu, pria yang diketahui sempat masuk nominasi dan memenangi penghargaan dari Power 100 A Ranked List of The Contemporary Artworld’s Most Powerful Figures by ArtReview dan Icon of The Year 2013 in Art and Culture, Gatra Magazine, Indonesia, ternyata juga pernah lho melakukan perjalanan ke beberapa tempat-negara seperti Belanda, Australia serta Amerika Serikat untuk memamerkan setiap hasil karyanya yang mengagumkan tersebut. Wow banget bukan?

3) Shaggydog

Sebagai salah satu grup band yang berasal dari Jogja, Shaggydog, yang mengambil aliran musik SKA-Reggae tersebut ternyata nggak kalah pamor dengan para seniman lainnya yang juga melakukan roadshow ke mancanegara. Band yang terbentuk sejak tahun 1997, dan sempat melejit diawal perintisan album ‘bersama’ ini, telah membuktikan konsistensinya di dunia bermusik dengan manggung di beberapa negara seperti Australia, Belanda, hingga Belanda.

Shaggydog - seniman jogja

Meski pembentukan band itu hanyalah dari sebuah kampung kecil bernama Sayidan, Jogja, tapi berkat kekompakkan para personilnya, grup yang kini digawangi oleh Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik dan Yoyo tersebut tak lagi dapat dianggap remeh di mata dunia, khususnya di kawasan Asia, karena Shaggydog pernah tercatat ke dalam kompilasi album bertajuk Asian Ska Foundation, dimana merupakan suatu album berisikan musik dari para top band Ska se-Asia. Keren banget yah..

4) Diwa Hutomo

Jazz merupakan suatu aliran musik yang cukup nge-hits di dunia. Hampir setiap penyanyi dan bahkan band ternama sekalipun, menyukai pengiringan musik jazz. Nah, ini juga lah yang dilakukan oleh seorang pria bernama Diwa Hutomo, seniman Jogja, yang sangat hobi bernyanyi. Dia dikenal sebagai penyanyi yang gemar membawakan lagu khas musik jazz.

Diwa Hutomo - seniman jogja
Foto Twitter: Diwa Hutomo

Sangkin cintanya terhadap jazz, sampai-sampai dia rela menggelar sebuah acara yang diselenggarakannya tiap hari Senin malam, di Bentara Budaya, Jogjakarta. Bersama dengan teman-temannya, pemilik nama lengkap Surya Diwa Wira Hutomo secara rutin melaksanakan acara Jazz Mben Senen, yang mana merupakan tempat berkumpulnya para seniman sekaligus para musisi jazz, untuk menyuguhkan berbagai kesenian Jogja dan/atau bermusik jazz kepada pengunjung. Hampir di setiap acara tersebut, tak luput dari incaran pengunjung yang ingin menonton penampilan mereka dalam berkarya. Bukan hanya warga lokal saja, melainkan juga para turis asing ikut larut dalam nuansa Jazz Mben Senen.

Yah itulah keempat seniman asal Jogja yang mampu mengejutkan dunia lewat hasil karya mereka. Secara keseluruhan, saya menyimpulkan bahwa kalau kita pengen menjadi seniman kayak mereka, maka itu perlu kerja keras dan keinginan tinggi yang tentu harus diimbagi dengan kreativitas serta kolektivitas. Jelasnya, pantang menyerah dan nggak mau ambil pusing dengan kritikan orang lain adalah cara yang tepat menghasilkan karya seni terbaik dan terhebat nantinya. Semoga artikel ini dapat menginspirasi kita semua, God Bless You all..