Pelaku: Presiden Dunia Yang Nyaris Terbunuh

Presiden adalah salah satu orang yang bertanggung jawab akan pemerintahan suatu Negara. Seorang presiden, umumnya akan di kawal ketat oleh banyak pengawal yang bekerja untuk menjaga dan membantu dirinya agar tidak terjadi hal apa pun saat mengemban tugas. Seorang presiden akan banyak menjadi incaran orang lain tanpa terkecuali dapat membahayakan jiwanya. Ada beberapa kisah Dunia, seorang presiden yang nyaris terbunuh oleh pelaku kejahatan saat ingin mengemban tugasnya. Berikut dibawah ini.

* Richard Lawrence

10-richard-lawrence-1

Andrew Jackson merupakan salah seorang presiden di Amerika Serikat. Ia tercatat sebagai presiden ke-7 disana. Ia juga telah menjabat kepresidenan selama dua kali berturut-turut, tepatnya pada tahun 1829 s/d 1837. Ia sangat dikenal memiliki ketenaran dikalangan warganya. Dengan ketenaran sebagai presiden, seseorang yang bernama Richard Lawrence berusaha untuk membunuhnya menggunakan senjata api pada tahun 1835, tapi usaha itu pun berhasil digagalkan oleh Andrew Lawrence dengan memukulkan tongkat yang dipegangnya. Tidak tahu apa motif dan alasannya mengapa ia sampai berani mencoba untuk membunuh presiden Andrew Jackson. Namun menurut beberapa media lokal, Richard Lawrence memiliki gangguan mental.

* Giuseppe Zangara

th-4

Franklin D. Roosevelt adalah salah seorang presiden yang paling lama menjabat di Negara “Paman Sam” (Amerika Serikat). Ia pernah menjabat empat kali berturut-turut sebagai presiden disana tepatnya pada tahun 1933 s/d 1945. Sejak awal jabatannya, ia langsung diteror oleh seseorang yang bernama Giuseppe Zangara. Dengan menggunakan senjata api kaliber 0.32, pria ini berusaha untuk melepaskan enam kali tembakkan ke arah presiden Franklin saat melakukan suatu pidato publik. Presiden Franklin mengalami sedikit luka di tubuhnya. Pada saat bersamaan, penembak Franklin pun berhasil tertangkap oleh pengawalnya.

* Oscar Collazo dan Griselio Torresola

th-5

Oscar Collazo dan Griselio Torresola adalah kedua terdakwa yang ingin mencoba membunuh Harry Trauman. Harry Trauman merupakan presiden ke-33 pengganti Franklin D. Roosevelt. Ia menjabat sebagai presiden pada tahun 1945 s/d 1953. Pada tanggal 1 November 1950 kedua tersangka/terdakwa yang bernama Oscar Collazo dan Griselio Torresola berusaha untuk membunuh presiden tersebut di sebuah hotel penginapannya. Seorang tersangka “Oscar Collazo” berhasil tertembak didadanya namun tidak sampai meninggal dan di tangkap. Disaat bersamaan pula, seorang tersangka itu pun menyerahkan diri kemudian kedua orang tadi dipenjara.

* Samuel Byck

sam_byck_final

Seorang presiden Amerika Serikat bernama Richard Nixon pernah hampir terbunuh oleh seseorang yang bernama Samuel Joseph Byck pada tahun 1974. Samuel Byck merencanakan sebuah pembunuhan dengan cara mensabotase penerbangan pesawat yang akan dinaikki Richard Nixon namun aksi ini keburu diketahui oleh aparat yang berjaga. Setelah dikonfirmasi mengenai apa maksud dan tujuannya, ia mengakui bahwa ingin mencelakakan presiden Richard Nixon.