Jose Mujica Sosok Presiden Yang Patut Dicontoh

Jose Alberto Mujica Cordano atau biasa disapa “Pepe” adalah salah seorang presiden Uruguay ke-40 yang pernah mengemban tugas kenegaraan sejak pertama kali dilantik pada tanggal 1 Maret 2010 hingga 1 Maret 2015. Jose Mujica juga sangat dikenal baik oleh berbagai elemen masyarakat dunia tanpa terkecuali rakyatnya sendiri. Ada sejumlah alasan mengapa ia dapat dikatakan “baik” oleh berbagai masyarakat dunia, rakyatnya dan juga ikut serta saya selaku warga negara Indonseia sekaligus penulis artikel yang terinsiparasi oleh Jose Mujica Sosok Presiden Yang Patut Dicontoh.

Pasti kamu dan seluruh pembaca lainnya yang tergabung dalam artikel ini, juga akan “mengamini” apa yang telah diperbuat Jose Mujica sehingga banyak orang mengagumi serta terinspirasi dari dirinya. Check this out…

1) Berasal Dari Keluarga Miskin

th

Jose Mujica lahir pada tanggal 20 Mei 1935 ini berasal dari keluarga yang cukup miskin dimana ayahnya hanya berprofesi sebagai seorang petani. Sedangkan ibunya, hanyalah seorang imigran miskin asal Liguria, Italia. Sejak usia 5 tahun, Jose Mujica “cilik” sudah mengalami kabar duka cita dimana sang ayah telah meninggal dunia tepatnya ditahun 1940. Pada saat itu pula, ia beserta ibunya mencoba untuk bertahan hidup dengan cara “bercocok tanam” sebagai seorang petani buah anggur.

Pahitnya kehidupan, telah ia rasakan dan alami sejak usia muda. Namun, hal demikian tidak membuat dirinya begitu saja untuk menyerah akan lika-liku kehidupan yang akan diarunginya kedepan. Ia dikenal sangat aktif dalam berbagai event klub bersepeda sejak usia 13 tahun. Tidak hanya itu saja tepatnya diusia 17 tahun, ia juga ikut serta dalam mengarungi dunia politik bernama Partai Nasional asuhan seorang pria yakni Enrique Erro.

2) Tidak Mau Tinggal Di Istana Kepresidenan

th

Sikap yang patut dicontoh dari seorang Jose Mujica selanjutnya adalah tidak mau tinggal di Istana Kepresidenan meskipun ia telah menjabat sebagai presiden Uruguay kala itu. Dia lebih memilih untuk hidup sederhana disebuah gubuk pertanian yang dimilikinya dengan hanya memiliki sebuah ruangan kamar tidur yang akan ditempati oleh dirinya beserta istrinya.

Tak ada penjagaan ketat pasukan elite kepresidenan. Hanya ada dua orang polisi dan anjingnya yang hanya memiliki tiga kaki bernama Manuela, yang terlihat mengawasi di pintu masuk gubuk pertaniannya tersebut.

3) Tidak Untuk Mobil Mewah

th

Pada umumnya, seorang presiden kenegaraan akan mendapatkan fasilitas kendaraan mobil bertaraf sangat elegan dan mewah. Namun, apa yang telah dilakukan oleh seorang Jose Mujica? Hmm,,, sangat patut dicontoh sosok presiden satu ini dimana ia menolak pemberian fasilitas kendaraan mobil mewah dengan hanya menggunakan sebuah mobil “butut”, Volkwagen buatan tahun 1987. Tidak hanya itu saja, ia juga tidak membutuhkan pengawalan atau iring-iringan vooridjer saat akan melakukan dinas kenegaraan. Sippp banget bukan?

4) Sosok Presiden Yang Dermawan

th

Wow sungguh wow… Mengapa saya berkata demikian? Tentu, sosok presiden yang satu ini tidak hanya dikenal sebagai seorang yang sederhana saja, malainkan juga termasuk orang yang sangat dermawan. Mengapa tidak? Dari hasil pekerjaannya sebagai seorang presiden, Jose Mujica yang menerima gaji sebesar UU$ 12.000 perbulan, tidak lupa untuk menyisikan hasil pendapatannya agar dapat di donasikan ke pundi amal untuk membantu “sesama” yang sedang membutuhkan. Tidak tanggung-tanggung, 90% dari total pendapatannya selama bekerja sebulan ia sumbangkan. Dengan itu, mungkin kamu sendiri dapat mengkalkulasikan berapa besar penghasilan perbulannya dari Jose Mujica!!!

5) Menurunkan Tingkat Kemiskinan

th

 

Selama periode waktu menjabat sebagai seorang presiden, Jose Mujica tercatat telah menurunkan angka kemiskinan yang ada di negara Uruguay. Tidak hanya itu saja, semasa pemerintahannya ia juga telah melakukan beberapa kebijakan penting untuk kemajuan negara, diantaranya menyediakan pendidikan gratis, les komputer gratis, dan bahkan ia dianggap sudah “memakmuri” kehidupan para buruh atau pekerja disana.

6) Sosok Presiden Yang “Merakyat”

thth

Seperti yang telah kita bahas diatas dimana sosok Jose Mujica ini banyak sekali digandrungi oleh para rakyatnya. Mengapa demikian? Walaupun Jose Mujica merupakan seorang presiden, tapi ia dikenal sangat “merakyat” dan tak pernah menyombongkan diri untuk berpapasan dengan para rakyatnya.

Tidak hanya itu saja, ia juga pernah memberikan “tumpangan” mobil terhadap seorang pejalan kaki bernama Gerhald Acosta.

Menurut penuturannya, ketika ia sedang berjalan kaki menuju tempat kerjanya, Gerhald Acosta, melihat sebuah mobil volkwagen berwarna biru berhenti dan memberikan tumpangan untuknya. Acosta sangat terkejut ketika melihat Jose Mujica duduk di belakang stir mobil dan Ibu Negara duduk disebelahnya.

Nah, itulah sebagian catatan dari sosok presiden Uruguay bernama Jose Mujica yang patut dicontoh oleh kita semua. Dan oleh karena itu pula saya sangat terinspirasi terhadap sosok Jose Mujica, mungkin juga kamu… Dan seandainya saja,,, di negara kita ini memiliki sosok pemimpin seperti itu? Kapan yah??? Mudah-mudahan secepatnya kita dapat menemukan The Next “Jose Mujica” di Indonesia…