Jalur Kereta Api Terekstrim Didunia

Kereta api adalah salah satu alat transportasi yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan orang baik tua-muda, miskin-kaya dan sebagainya untuk berpergian ketempat tujuan yang disediakan. Tidak hanya mengangkut perorangan saja namun juga kargo (pengiriman barang). Lumrahnya, Kereta Api hanya menggunakan jalur atau perlintasan khusus yang disebut rel. Rel adalah jalur penghubung antar-lintas yang akan dilewati atau dilalui kereta api.

Namun, pernahkah terbayang olehmu bahwa ada sejumlah perlintasan atau jalur kereta api yang sangat ekstrim? Nah, dalam artikel ini kita akan membahas Jalur Kereta Api Terekstrim Didunia. Ingin taukan? Ceplosannya ada dibawah ini.

* Chennai-Rameswaram Route

th-17th-15th-16

Chennai-Rameswaram Route merupakan salah satu jalur atau perlintasan kereta api terekstrim didunia. Ini terletak dikawasan Samudera Hindia (pantai Selatan India). Jalur kereta api ini dibuat pada tahun 1914 dimana memiliki kepanjangan rute perjalanan 1,4 mil. Hal terekstrimnya adalah kereta api yang melintas disini harus melalui panjangnya ‘lautan biru’ dan melawan arah angin yang sangat kencang, lantas pula kereta api harus dapat menyelaraskan kecepatan dalam berlajur.

* Pilatus Railway

th-18

Pilatus Railway adalah salah satu jalur kereta api yang menghubungkan Alpnachstad-Danau Lucerne, Swiss. Jalur kereta api ini memiliki kemiringan sekitar 48% dengan catatan ketinggian 2,073 mdpl. Pilatus Railway yang dibangun dan didirikan pada tahun 1889 ini merupakan jalur kereta api yang termasuk sangat ekstrim didunia. Posisi miring dengan ketinggian yang dimiliki jalur ini membuat kereta api yang ingin melintas harus secara perlahan atau lambat. Diperkirakan kereta api yang melintas hanya dapat berjalan sekitar 9-12 km/jamnya.

* Qinghai Railway

th-25th-22th-24

Qinghai Railway adalah salah satu lajur atau jalur perkereta-apian yang terdapat dinegara China. Jalur ini menghubungkan wilayah Xining, ibukota Provinsi Qinghai, China ke Lhasa, Tibet. Jalur ini berada di ketinggian 4.500 mdpl dan membentang sejauh 1.956 km. Qinghai Railway mempunyai rekor yang mengesankan. Diantaranya melewati wilayah beku sepanjang 550 meter, juga melewati terowongan pada wilayah tertinggi dunia, Fenghuoshan, di ketinggian 4.905 meter. Tidak hanya itu saja, lintasan kereta ini juga termasuk terowongan dataran tinggi terpanjang, Kunlun Mountain di atas wilayah beku. Penumpang yang akan naik kereta ini harus dalam kondisi sehat. Sebelum naik, penumpang diwajibkan untuk mengisi kartu registrasi kesehatan dan menerima bantuan oksigen selama perjalanan di dalam kereta api. Demikian halnya, jalur kereta api ini merupakan salah satu jalur terekstrim didunia.

* Minamiaso Railway

th-26th-27th-28

Jalur kereta api ini melintasi pegunungan Aso dimana ini merupakan gunung berapi yang masih aktif dinegara Jepang. Tidak hanya melintasi pengunungan Aso saja namun juga ngarai (sisi tebing), lembah serta jurang yang sangat dalam. Dengan demikian pula, lintas ini dikenal sebagai salah satu jalur perkereta-apian yang sangat berbahaya dan ekstrim didunia. Ada yang nekad?

* Argo Gede Railway

th-31th-30th-29

Jalur kereta api terekstrim didunia tidak hanya ada di Mancanegara saja melainkan juga di Indonesia yakni Argo Gede Railway. Perlu diketahui, jalur kereta api yang menghubungkan Jakarta-Bandung ini memang memiliki lintasan yang sangat indah dengan kesejukan alam menawan namun terdapat keekstriman dimana jalur ini akan melintasi perjurangan dan jembatan bertebing tinggi. Bahkan disini, ada juga jalur penanjakan yang ekstrim dimana kereta api yang melintas harus mengurangi kecepatan lajurnya. Hmm, kamu tidak perlu cemas saat melalui lintasan perkerata-apian ini sebab Masinis kereta api sudah berpengalaman untuk melakukan tugasnya.

Yah, itulah sejumlah Jalur Kereta Api Terekstrim Didunia yang dapat saya sampaikan pada artikel ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu!!!