Ternyata 9 Hidangan Khas Ini Dilarang di Amerika Serikat

10 hidangan yang dilarang di amerika serikat..

Dewasa ini, setiap negara yang ada di dunia tentu memiliki hidangan khas masing-masing, termasuk pada jenis makanan maupun minuman. Akan tetapi, setiap negara juga punya kebijakan sendiri terkait memperbolehkan atau tidaknya hidangan tersebut beredar di negaranya demi mensejahterakan penduduknya dalam beberapa hal yang tidak diinginkan.

Sama seperti apa yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat dengan membanned sebagian besar hidangan khas yang berasal dari luar negaranya. Dengan berbagai pertimbangan seperti misalnya makanan ataupun minuman itu berbahaya ketika dikonsumsi dan/atau berisiko tinggi masuknya organisme-organisme jahat dalam tubuh.

Seperti dikutip dari laman thisisinsider melalui konfirmasi FDA, menyebutkan bahwa terdapat 9 Jenis Hidangan Khas Yang Dilarang di Amerika Serikat. Berikut ulasannya.

1) Animal Lungs (Paru-Paru Binatang)

Haggis, makanan yang dilarang di AS

Makanan yang mengandung unsur paru-paru binatang seperti ditemukan pada haggis, sangat dilarang di Amerika Serikat. Haggis merupakan jenis makanan yang diolah dari hewan domba, hampir semua bagian dalam perutnya termasuk paru-paru, jantung, maupun hati akan dimasak. Makanan khas asal Skotlandia ini dianggap tidak layak konsumsi di negara Amerika.

2) Casu Marzu (Keju Belatung)

Satu makanan yang dilarang di AS yakni Casu Marzu

Mungkin anda nggak pernah membayangkan betapa jijiknya makanan satu ini. Casu Marzu adalah makanan yang berasal dari Sardinia dan terbuat dari susu domba yang telah difermentasikan dengan campuran belatung untuk menjadikannya keju. Bukan anda saja yang mungkin merasakan keanehan dari makanan tersebut, akan tetapi Casu Marzu juga dilarang oleh pemerintah Amerika Serikat karena alasan kehigienisan yang kurang terjamin.

3) Shark Fins (Sirip Hiu)

Shark fins atau sirip hiu, makanan terlarang di AS

Shark Fins atau sirip ikan hiu adalah satu jenis makanan asal Cina yang menggunakan sirip hiu. Makanan yang memiliki sirip ikan hiu di Amerika Serikat beserta negara tetangganya sangat menentang keras pengkonsumsian makanan tersebut. Akan dikenakan sanksi terkait pelanggaran etika kehewanan apabila ada yang ketahuan mengkonsumsinya. Ini juga dianggap oleh pemerintah Amerika sebagai perlakuan kejam, apalagi hiu merupakan hewan yang saat ini sangat langka akibat banyaknya perburuan.

4) Bushmeat (Daging Binatang Liar Afrika)

Bushmeat, makanan terlarang di AS

Ini merupakan salah satu makanan yang juga dilarang untuk dikonsumsi di Amerika. Bushmeat adalah makanan yang dibuat dari olahan daging binatang liar yang ada di Afrika, seperti gorila, gajah, kijang dan masih banyak lagi. Pemerintah Amerika menganggap jenis makanan ini sangat tidak layak konsumsi lantaran kebanyakan binatang tersebut dilindungi negara atau ilegal akibat tingkat kepunahan yang semakin hari kian meningkat dari adanya aktivitas perburuan.

5) Pufferfish (Ikan Buntal)

Di Jepang, makanan dengan olahan ikan buntal atau Pufferfish disebut fugu. Makanan ini juga ditentang oleh pemerintah Amerika karena ikan buntal dianggap lebih berbahaya 1.200 kali lipat ketimabang setetes sianida yang mematikan. Ikan buntal mengandung racun tetradotoxin, oleh sebab itu, penting perhatian khusus sebelum memasak ikan buntal, nggak sembarangan. Karena alasan itulah FDA menghimbau untuk tidak sama sekali mengkonsumsinya.

6) Horse Meat (Daging Kuda)

Mengkonsumsi daging kuda memang cukup punya manfaat untuk kesehatan sehingga sebagian negara gemar memakannya. Namun lain hal dengan Amerika Serikat, walau sempat memperbolehkan makan daging kuda di tahun 2011, tapi kembali diberlakukan kebijakan terkait pelarangan dalam mengkonsumsi daging tersebut pada tahun 2016 silam karena adanya rembukan dari tim Layanan Keamanan dan Inspeksi Pangan AS yang beranggapan telah banyak kuda yang tewas, dan populasinya akan semakin berkurang jika masih ada penyembelihan hewan itu.

7) Hallucinogenic Absinthe

Ini adalah salah satu minuman beralkohol yang diproses menggunakan beberapa tanaman bunga yang mengandung sifat halusinogen. Minuman itu dapat mengganggu sistem saraf otak, pikiran, perasaan, dan ketenangan jiwa. Bila dilakukan dalam jumlah besar akan berdampak bagi si peminum absinthe tersebut untuk selalu berimajinasi berlebihan. Oleh karena itu, pemerintah Amerika Serikat akan menentang keras peredaran minuman jenis Hallucinogenic Absinthe.

8) Sea Turtle Meat (Daging Penyu atau sejenisnya)

Penyu atau sejenis kura-kura sebenarnya dapat dimakan. Namun di Amerika, hewan ‘dua alam’ ini dianggap langka atau hampir punah serta dilindungi karena banyaknya perburuan liar, dan oleh sebab itulah penyu tidak boleh dikonsumsi agar dapat dilestarikan di negara adidaya tersebut.

9) Ackee Fruit

Buah ackee merupakan buah yang berasal dari berbagai negara berkawasan di Afrika. Buah ini berbentuk kecil sedikit menyerupai apel, lengkeng ataupun leci. Buah tersebut memang sangat populer di Afrika, tapi tidak dengan negara Amerika karena dianggap buah ackee memiliki kadar racun apabila matang berwarna merah. Sedangkan kalau masih warna kuning, mengandung kadar hipoglikin A, yang ketika dikonsumsi akan menimbulkan rasa mual-muntah, terlebih lagi kandungan hipoglikemia di dalamnya dapat mengakibatkan kematian.

Nah, itulah penyampaian saya mengenai artikel sembilan jenis hidangan terlarang untuk dikonsumsi di Amerika Serikat. Secara garis besar, seluruh hidangan yang disebutkan diatas lebih memiliki tingkat berbahaya ketimbang manfaat yang dihasilkan. Jadi saya berharap agar anda bisa memahami benar setiap asupan yang akan dikonsumsi. Sekian dan terima kasih..