Ragam Makanan Mesir Terlezat Dan Terunik

20130125-stretching-pizza

Apa yang kamu ketahui tentang Mesir? Jelas kamu akan menjawabnya dengan peradaban dan menumen kuno, benar tidak? Tentu, sebab kedua hal tersebut merupakan kemewahan sendiri di muka bumi (dunia) untuk Mesir. Siapa yang tidak mengenal Piramida Giza, Kuil Karnak, Lembah Raja, serta Kuil Ramses yang masing-masing memiliki sejarah menakjubkan di Mesir. Nah, itu sedikit penyampaian saya mengenai Mesir dimana masih ada lagi hal lainnya yang bisa dikatakan cukup luar biasa bagi negara satu ini, contohnya saja Ragam Makanan Mesir Terlezat Dan Terunik.

Itu pula yang bakal saya bahas dengan tujuan baik yaitu menambah wawasan serta pengetahuan diri kamu mengenai makanan Mesir. Mana tahu, setelah melihat dan membaca artikel ini kamu akan segera merasa lapar kemudian ingin mengicip-icip sajian hidangan ala Mesir seperti berikut:

1. Kushari

th (14)

Jenis makanan Mesir yang pertama adalah Kushari. Makanan ini sudah dianggap sebagai salah satu hidangan terlezat dan terunik di negara Mesir sejak abad-19 awal terbuatnya resep makanan tersebut oleh kolonial Inggris ketika bermukim disana.

Dengan menggunakan bahan yang terdiri dari beras, kacang hitam, spaghetti, karamel, bawang putih, saus tomat, dan buncis maka terciptalah makanan Kushari ala Mesir. Sangat sederhana bukan? Lalu yang menjadi pertanyaan adalah siapkah kamu menyajikannya dirumah?

2. Ful Medames

th (16)

Ful Medames merupakan ragam makanan Mesir yang terbuat dari bahan seperti kara oncet, minyak sayur, jintan, peterseli, bawang putih-bombay, cabai lalu dicampur perasan jeruk nipis. Hidangan ini juga dapat dinikmati dengan hiasan berupa telur rebus, tahu goreng, siraman saus, dan roti bun.

Makanan tersebut pertama kali hadir sejak dinasti ke-12 hingga akhirnya merambat di beberapa negara kawasan Timur Tengah misalnya saja Lebanon, Suriah, Palestina, Yordania, Israel, Sudan, Yaman, dan Arab Saudi dikarenakan Ful Medames memiliki ciri khas sendiri diantara jenis masakan lainnya yang ada di Timur Tengah.

3. Falafel

th (17)

Makanan Mesir selanjutnya yaitu Falafel dimana ini juga merupakan ragam hidangan berbentuk kue yang sangat khas untuk negara Timur Tengah. Makanan ini dibuat dengan adonan kacang Arab berwarna kuning yang digulung bulat menyerupai bola kemudian digoreng menggunakan api kompor sedang dan tidak terlalu panas (menghindari gosong berlebihan). Setelah itu siap dihidangkan dengan campuran acar ataupun saus cabai agar lebih hot dan nyam-nyam 🙂

Sangat pantas buat kamu konsumsi dikala waktu senggang sambil bersantai (pagi, siang dan malam hari)…

4. Fatta

th (19)

Ini adalah hidangan makanan yang umumnya dipersiapkan untuk perayaan khusus kelahiran bayi wanita dan hari besar umat Kristen/Muslim di Timur Tengah. Daging sapi merupakan bahan utamanya dimana akan direbus terlebih dahulu kemudian digoreng lalu di sajikan bersama nasi ataupun roti. Walau tingkat kalori pada jenis hidangan ini terbilang cukup tinggi dan dapat membengkakkan tubuh, namun makanan tersebut adalah diwajibkan terutama untuk orang Timur Tengah yang mempercayai keampuhan hidangan Fatta.

5. Mulukhiya

th (21)

Mungkin kelihatan pada gambar diatas (nomer 5) seperti sajian sayur daun ubi tumbuk yang dicemplung sedikit potongan daging, benar kan? Tetapi, pemahaman itu ternyata keliru! Memang benar tampak seperti daun ubi tumbuk yang biasa disayur oleh para ibu rumah tangga bahkan dapat juga kita temui di setiap warung nasi untuk sekarang ini.

Mulukhiya adalah sebutan jenis hidangan tersebut dimana terbuat dari daun rami dan tumbuhan corchorus yang dicincang hingga halus kemudian dimasak dengan menambahkan bahan berupa ketumbar, bawang putih dan daun bawang juga menaruh daging (ayam, sapi, udang, ikan) lalu tanak sampai matang. Siap disajikan dan dilahap dengan nasi maupun roti gandum.

Makanan ini pada awalnya sempat dilarang oleh Fatimid Caliph Al Hakim Bi-Amr Allah pada abad ke-10, namun setelah kepergiannya dari dunia (meninggal), larangan itu pun ditiadakan warga Mesir. Namun, mereka (warga) tetap menghormati Caliph ketika tutup usia dengan menyantap Mulukhiya bersama-sama.

6. Ruz Bil Laban

th (22)

Ruz Bil Laban adalah salah satu makanan khas Mesir dan juga Timur Tengah, dimana dengan menggunakan beras pulen, gula lalu campuran susu vanili kemudian dimasak. Setelah selesai, panggang dalam oven atau simpan dilemari es (beku), tunggu berapa menit dan hidangan siap di santap, ehmm jangan lupa tambahin sedikit krim caramel diatasnya biar terkesan sedap. Selamat menikmati!!!

7. Mahshi

th (24)

Itu adalah ragam hidangan tradisional dan terkesan memiliki cita rasa sangat lezat nan unik ala Mesir bahkan merambat sampai keseluruh jajaran negara yang ada di Timur Tengah. Sebagai nilai plus yaitu wilayah Eropa juga telah mengadopsi Mahshi sebagai salah satu makanan terenak yang sering di konsumsi.

Mahshi terbuat dari sayuran seperti zucchini, terong, tomat, paprika, daun anggur atau kol yang diisi dengan campuran nasi, lalu di bumbui, dan bentuk layaknya lumpia kemudian direbus hingga matang. Siap di pangan sendiri (kalau tidak rakus) maupun bersama anggota keluarga. Nyam nyam nyam, lezat….

8. Roti Fatir

th (25)

Bagi masyarakat Mesir, roti ini biasa dinikmati pada saat sarapan (pagi hari). Rasa daripada roti ini adalah sangat gurih, renyah dan manis. Roti fatir dapat disajikan dengan beberapa pilihan saus diantaranya madu, selai kacang, dll. Lebih nikmat lagi bila dihidangi selagi masih hangat. Patut buat kamu coba nih? Namun sayangnya, resep dari roti fatir sendiri tidak berhasil saya temukan (sudah dicari) kemana-mana tetap tidak ketemu, mungkin diantara kamu ada yang tahu? Jangan lupa berbagi resepnya yoohhh!!!


Itu sedikit informasi yang bisa saya sampaikan mengenai ragam makanan Mesir terlezat dan terunik. Adakah minat dirimu untuk menyantap salah satu diantaranya? Silahkan saja, terima kasih…